6 Tips Mengatasi Rasa Insecure Dalam Kehidupan

1 min read

Tips Mengatasi Rasa Insecure

Di media sosial akhir-akhir ini banyak sekali orang yang curhat tentang pengalaman mereka merasa insecure dalam menjalankan kehidupannya, Apalagi ditambah dengan situasi pandemi seperti saat ini yang menimbulkan semakin bertambahnya rasa tidak percaya diri kita.

Hal semacam ini lumrah terjadi apalagi mayoritas dialami oleh kaum millenials yang sedang ada di masa transisi fase kehidupannya.

Berikut ini adalah 6 tips mengatasi rasa insecure dalam kehidupan agar lebih percaya diri dan mampu melawan rasa tidak aman kita terhadap diri kita sendiri.

1. Mulai Kenali Potensi Diri

Setiap individu tentunya memiliki minat dan potensi dirinya masing-masing, memang terkadang kita belum mengetahuinya secara jelas. Maka dari itu kita perlu mencari hingga akhirnya menemukan potensi yang ada pada diri kita dengan cara banyak melakukan hal positif atau hobi yang kita sukai terlebih dahulu.

Kebanyakan orang tidak sengaja menemukan passion mereka ketika dalam melakukan sesuatu yang tidak dibayarpun mereka sangat senang mengerjakannya.

2. Jangan Membandingkan Dengan Orang Lain

Melihat kesuksesan orang lain memang hal yang menyenangkan dan bisa memotivasi kita, akan tetapi ketika kita sedang mengalami merasa terpuruk, maka melihat keberhasilan seseorang apalagi orang tersebut berada di lingkungan sekitar membuat kita akan tidak percaya terhadap potensi diri kita.

Berhentilah membandingkan diri kita dengan kesuksesan orang lain, percayalah kalau kesuksesan seseorang itu berbeda-beda waktunya. Banyak kisah orang sukses yang baru mencapai titik tertinggi dalam kehidupannya saat memasuki usia tuanya.

3. Hentikan Mengikuti Standar Sosial Orang Lain

Di dunia maya kita kerap melihat orang lain menampilkan kesuksesannya, padahal tak jarang dibalik semua itu sebenarnya tidak seindah yang kita lihat. Jadi, sebaiknya berhenti membandingkan kehidupanmu dengan orang lain agar menghindari dari keadaan insecure.

Tak heran banyak kita menemukan orang lain yang di sosial media berkehidupan mewah akan tetapi saat kita bertemu secara langsung kurang lebih mereka juga tidak terlalu jauh berbeda dengan kondisi yang kita alami.

4. Berdamai dengan Masa Lalu

Agar terhindar dari rasa insecure dengan mengingat hal-hal terbaik yang pernah kamu lakukan pada masa lalu. Ketika kita mempuanyai sebuah penyesalan, anggap itu adalah hal positif kita untuk mempelajari dan jangan sampai hal tersebut terulang kembali pada fase kehidupan kita kedepannya.

Berhentilah menyalahi dirimu pada masa lalu karena hal tersebut akan menghilangkan rasa optimisme kita dan selalu menyalahi diri sendiri.

5. Pilihlah Teman yang Bisa Mendukung Kita

Kehidupan pertemanan secara tidak sadar akan berdampak juga terhadap kondisi yang akan kita alami dalam hidup kita. Memilih teman yang satu frekuensi juga langkah yang tepat agar kita dapat terhindar dari rasa insecure.

Tak heran, semakin bertambahnya umur kita akan semakin selektif dalam memilih teman untuk pergaulan kita. Yang terpenting adalah percayalah bahwa kualitas jauh lebih penting ketimbang kuantitas, sehingga memiliki banyak teman akan bergeser menjadi hanya berteman dengan siapa yang lebih layak menjadi teman terdekatmu.

6. Ubahlah Diri Anda Menjadi yang Lebih Baik

Secara bertahap kamu harus bisa mengubah diri menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sadari apa yang masih menjadi kelemahanmu dan berusaha untuk mengubahnya secara perlahan-lahan hingga akhirnya akan terasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Itulah 6 tips mengatasi rasa insecure yang kerap kita rasakan. Semoga tips yang sudah kami berikan ini bermanfaat bagi Anda untuk menjalani kehidupan dengan yang lebih positif dan lebih baik lagi kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *