Cara Mengecilkan Ukuran Foto Terefektif

Mengecilkan ukuran / kompress gambar adalah satu cara untuk melakukan perubahan kapasitas dan bobot pada gambar atau simplenya sih ngecilin ukuran foto kamu. Dikalangan blogger ataupun fotografer sering sekali menggunakan cara ini untuk mendukung bidang mereka masing-masing.

Nah dalam melakukan kompres gambar/foto ini memang hasilnya akan mengurangi kapasitas dan tentu saja akan menghilangkan kejernihan dari gambar originalnya, namun yang dimaksud dari kompres gambar ini bukan semata-mata mengecilkan gambar tersebut, namun hanya merubah bobot dan juga kapasitas yang dimiliki oleh gambar yang akan kamu kompres.

Tujuan dari kompres gambar ini juga berbeda dengan mengecilkan gambar, jika mengecilkan gambar itu bertujuan agar gambar tersebut berubah lebih kecil saja, jika kompres gambar hanya bertujuan mengurangi bobot dan kapasitas yang dimiliki gambar tersebut namun juga tidak merubah ukuran besar dan kecil gambar yang sebelumnya.

Ini dia beberapa cara kompres gambar / foto terefektif!

Kompres Gambar Menggunakan Adobe Photoshop

Kompres Gambar Menggunakan Adobe Photoshop

1. Pertama, buka aplikasi Adobe Photoshop

2. Kemudian klik menu pada file yang ada opsi open dan pilih gambar yang akan dikompres

3. Dan akhirnya gambar yang telah kamu pilih sudah dilembar kerja photoshop

4. Ulang untuk klik file kemudian pilih opsi Export dan klik Save For web

5. Jika sudah, nanti akan tertera sebuah dialog dari save for web tersebut. Pada dialog tersebut akan beberapa pilihan yang harus ditentukan yang sudah tertera di bagian kanan atas. Pilihannya Original, Optimized 2-up, 4-up namun kamu hanya perlu memilih 4-up saja, maka akan muncul opsi dari hasil kompres yang sudah kamu kerjakan tadi.

6. Nah untuk bagian ke4 gambar tersebut, pada bagian bawahnya terdapat keterangan yang menunjukan seberapa kapasitas dan juga kecepatan untuk loading perdetiknya. Semua dipilih sesuai dengan apa yang akan kamu butuhkan saja, namun sebagai catatan jika semakin kecil maka prosesnya akan semakin cepat dan beres. Tapi, jangan salah kaprah ya! Kalian juga harus menjaga kejernihan gambarnya agar kualitasnya tetap bagus.

7. Jika dirasa semua sudah selesai dan sudah sesuai dengan yang diharapkan, maka selanjutnya pilih gambar yang dikompres tersebut dengan mengklik dibagian gambar dan kemudian save deh. Selesai.

 

Kompres Gambar Menggunakan HP Android

Kompres Gambar Menggunakan HP Android

Kebanyakan dari kita pasti sering ketergantungan dengan Android, karena memang sangat mudah dibawa kemana saja. Nah, kini kompres gambar bisa dikerjakan di Android loh, namun dengan catatan menginstall aplikasi bernama Photo Compress & Resize. Menggunakan aplikasi ini memang sangat disarankan bagi kamu para pengguna Android, agar lebih gampang dalam mengkompres gambar secara maksimal.

1. Pertama-tama mengunduh aplikasi Photo Compress & Rezise yang sudah tersedia di Playstore, kemudian jika sudah selesai mendownload buka aplikasi tersebut.

2. Berikutnya, pada halaman awal pilih menu Compress Photos, lalu pilih gambar sesuka kalian yang nantinya akan dikompres dengan maksimal sampai 100 foto loh.

3. Jika sudah maka kamu harus klik tanda centang yang berada disisi kanan atas pada aplikasi tersebut, akan muncul dua opsi pilihan kompresi yakni untuk mengecilkan foto yang didasari karena kualitas gambarnya atau ukuran gambar tersebut.

4. Jika memilih opsi ukuran maka kalian akan bisa mengecilkan ukuran dengan spesifik, contoh sampai 200 KB, yang kalian lakukan hanya menggeser slider mencapai angka 200 KB. Namun, jika kamu memilih opsi karena kualitasnya, maka yang dilakukan hanya menggeser slider mencapai tingkat presentase kualitas yang diinginkan, dengan catatan jika semakin besar persentasinya maka semakin besar hasil dari ukuran dan kualitas gambar tersebut, begitu sebaliknya.

5. Jika semua sudah selesai, maka klik Start Compressing, dan tunggu beberapa saat hingga foto yang dikompres sebelumnya sudah otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa dibuka melalui Gallery smartphone Android kamu.

Nah, itu dia beberapa cara kompres foto dengan efektif, mudah dan juga cepat. Jangan lupa dipraktekan, karena semua cara tersebut cukup ampuh untuk mengecilkan file size atau ukuran file foto kamu hingga 100% lebih kecil loh.

Leave a Comment