Membangun Bisnis Website dengan Keanggotaan Premium (Berbayar)

1 min read

Membangun Bisnis Website dengan Keanggotaan Premium

Ada banyak sekali cara menghasilkan uang lewat website yang bisa Anda lakukan selain melalui iklan dan Affiliate Marketing. Salah satunya adalah membangun website dengan keanggotaan premium atau berbayar.

Anda sebagai pemilik bisnis website bisa mengumpulkan banyak anggota yang mau bergabung dengan website Anda dan bersedia membayar sejumlah uang sebagai salah satu syarat registrasi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan bisnis website ini. Pertama, buatlah konten yang menarik dan bermanfaat bagi para anggota. Kedua, buatlah  versi gratisnya sebagai bahan pertimbangan para calon anggota.

Ketiga, adalah masalah harga. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi. Buatlah range harga yang sesuai dengan target konsumen harga karena disini Anda akan bermain dengan “jumlah”.

Bayangkan saja, apabila Anda memasang tarif 20.000 per bulan untuk tiap anggota, sementara Anda memiliki 1000 Anggota premium. Maka, dalam sebulan Anda bisa menghasilkan uang sebanyak 20.000.000. Itulah mengapa Penulis menyebut ini bukan soal memasang tarif tinggi, melainkan menggaet anggota sebanyak-banyaknya.

Contoh Jenis Website dengan Keangotaan Berbayar

Ada beberapa jenis bisnis website yang sukses dengan membuat sebuah keangotaan berbayar yang tentunya bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi, contohnya :

1.   Coursehero dan Scribd

Kedua website tersebut bukanlah situs yang asing lagi bagi para pelajar sekolah maupun mahasiswa. Dua platform tersebut adalah platform yang sangat berjasa untuk membantu mengerjakan tugas. Caranya cukup mudah, tinggal cari materi dan nama universitas kemudian para anggotanya bisa mengunduh file tugas yang ada di dalamnya.

Bisnis website ini menyediakan fitur gratis dengan limit atau batasan pengunduhan. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menarik perhatian dan memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mencoba terlebih dahulu.

Untuk menghilangkan batasan layanan. Maka, para anggotanya harus meng-upgrade keanggotaan gratis menjadi berbayar. Di Coursehero, para anggota akan dikenai biaya berlangganan kurang lebih 70.000 (Indonesia). Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh, maka tak heran pula bahwa kedua situs ini memiliki jumlah anggota yang besar.

2.   Website Plagiarism Checker

Pernahkan Anda mendengar mengenai plagiarism checker? Itu adalah sebuah layanan di mana Anda bisa mengecek tingkat plagiarisme sebuah konten tulisan. Hal tersebut sangat penting dalam dunia penulisan artikel. Selain untuk mendeteksi tulisan yang plagiat. Plagiarism checker juga dilengkapi banyak fitur seperti mengecek keunikan artikel dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis website plagiarism checker seperti Copyscape, Smallseotools, Plagiarism dectector, dan Duplichecker. Website tersebut biasanya memberikan batasan scan atau pengecekan plagiarisme konten. Untuk menghilangkan limit pengecekan dan melakukan unlock fitur lainnya maka anggota harus membayar sejumlah biaya.

3.   Website Berita

Di zaman yang serba modern seperti ini. Banyak sekali perusahaan koran dan juga majalah yang juga merambah ke layanan digital. Mereka membuat sebuah website agar para pelanggannya bisa mengakses berita secara online. Untuk berlangganan maka pelanggan harus membayar sejumlah biaya. Contoh website berita ini adalah portal milik Majalah Tempo atau Kompas.

4.   Forum

Bisnis website nomor 4 ini berupa sebuah forum. Anda bisa membuat sebuah forum yang mengumpulkan anggota dengan minat yang sama. Contohnya adalah sebuah forum idola/fanbase, forum memasak untuk saling berbagi resep maupun forum untuk hobi tertentu lainnya.

Kesimpulan

4 jenis website di atas memberikan peluang yang besar bagi Anda untuk mengumpulkan menghasilkan lewat keangotaan berbayar. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *