Membuat Halaman Phising/Fake Login Dengan Shellpish

Apa itu Phising ?

Halaman Phising atau sering juga disebut dengan istilah Fake Login adalah sebuah halaman palsu yang bertujuan untuk menipu atau mengecoh user atau target yang tujuannya ketika sang user membuka halaman tersebut dan melakukan Input username & password, nantinya kita akan bisa mendapatkan informasi tersebut.

Membuat sebuah halaman phising atau fake login memang gampang – gampang susah, halaman Phising atau Fake Login sering dibuat mirip dan menyerupai 100% dari halaman login aslinya. Contohnya, halaman fesbuk.com yang ketika dibuka 100% menyerupai halaman login dari sosial media facebook.com. Namun, halaman tersebut ternyata adalah halaman Phising / Fake Login yang bertujuan untuk mencuri data akun Facebook yang membuka halaman fesbuk.com tersebut.

Mengapa Phising / Fake Login ?

Walau pada tahun 2019 akhir menuju 2020 ini, mungkin sebagian orang sudah mengetahui Phising / Fake Login, tapi masih banyak saja di lapangan orang yang percaya dengan halaman palsu seperti ini, terbukti dari banyaknya kasus pencurian kartu kredit menggunakan Phising Page yang semakin hari, semakin marak. Bahkan di Indonesia.

Tujuan artikel atau postingan ini di buat semata – mata hanya untuk media pembelajaran semata agar teman – teman bisa mencoba dan mempraktikan langsung, namun harapan kami tidak dilakukan untuk sebuah kejahatan atau tindakan kriminal yang melanggar hukum atau undang – undang di Indonesia ya.

Membuat Halaman Phising/Fake Login Dengan Shellpish

Shellpish sendiri adalah salah satu source code yang dikembangkan oleh Thelinuxchoice pada laman Githubnya, saat ini Shellpish sendiri sudah ada pada Versi 1.7 (Per-tanggal 21 Desember 2019) dan mungkin akan terus dikembangkan oleh Developernya.

Cara Menggunakan Shellpish adalah sebagai berikut:

Buka terminal atau cmd anda, lalu push to git dengan command berikut

git clone https://github.com/thelinuxchoice/shellphish
cd shellphish
bash shellphish.sh

Setelah berhasil, jalankan shellpish.sh nanti anda akan diarahkan ke halaman antarmuka seperti ini : Shellpish Aplikasi Pembuat Phising Page

Setelah itu, teman – teman bisa melakukan atau Membuat Halaman Phising sesuai dengan kategori yang dibutuhkan, atau juga bisa melalui opsi Custom (Memasukan URL) halaman yang ingin teman – teman tiru atau membuat halaman phisingnya.

Setelah selesai, nanti akan didapatkan sebuah file hasil dari halaman phising yang telah berhasil dibuat. Lalu bisa diupload atau dicoba melalui hosting atau localhost teman – teman.

Leave a Comment