Potensi Bisnis Warnet dan Prospek Masa Depannya

1 min read

Bisnis Warnet dan Prospek Masa Depannya

Di era yang serba digital saat ini prospek bisnis warnet mungkin tidak secerah pada zaman dulu. Hal tersebut dikarenakan sekarang hampir semua orang telah memiliki perangkat digital yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Hal itu tentunya menggeser peran warnet.

Jika dulu kebanyakan orang mengerjakan tugas, browsing di Internet, bermain game, menonton film, mengunduh lagu atau video atau bahkan sekedar chat di warnet. Sekarang, semua itu bisa dilakukan dari rumah melalui smartphone, Laptop / Notebook, PC, atau tablet dengan bantuan perangkat untuk koneksi internet seperti  SIM Card untuk data seluler, Wifi, atau Modem.

Alat canggih tersebut kian mengurangi popularitas warnet di kaum milenial. Namun, jika Anda ingin membangun usaha warnet. Anda tak perlu bingung. Ada beberapa tips membangun usaha warnet yang mungkin bisa Anda coba lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Berikut di antaranya :

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam rencana sebuah usaha tak terkecuali warnet milik Anda. Ada baiknya Anda memilih sebuah lokasi yang berada dekat dengan calon pelanggan potensial Anda.

Contohnya, lokasi ramai yang dekat dengan sekolahan atau kampus. Selain itu, Anda bisa memilih lokasi yang sesuai dengan kemudahan akses jalan.

Tambah Fitur Pendukung

Sebagian orang pergi ke warnet bukan untuk menyewa salah satu PC untuk bermain internet. Namun, ada beberapa juga orang yang memiliki tujuan lain. Anda bisa menambah fitur pendukung ini. Contohnya :

Print

Komputer penjaga warnet biasanya disambungkan dengan printer. Anda bisa membuka jasa print murah yang ramah kantong pelajar untuk menarik minat para pengunjung.

Fotokopi

Ada baiknya Anda juga menyediakan layanan fotokopi untuk fitur pendukung tambahan.

Jasa Ketik Dokumen

Anda bisa menyediakan jasa pengetikan. Hal ini akan mengundang banyak pelanggan. Terutama bila Anda mendirikan usaha warnet di dekat sekolahan. Anda akan mendapatkan banyak klien pelajar yang ingin menggunakan jasa untuk mengetik makalah, tugas maupun karya ilmiah.

Jual Pulsa & Paket Data

Pulsa adalah hal yang paling dicari oleh kebanyakan orang. Anda bisa melengkapi layanan warnet anda dengan berjualan pulsa maupun paket data.

Jasa Isi lagu atau Film dan Video

Anda bisa menjual paket isi lagu atau video pada para pengunjung.

Promosi

Jika langkah satu dan dua dalam membuka bisnis warnet sudah Anda lakukan. Maka, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Sebagus apapun layanan warnet dan kelengkapan fitur pendukungnya. Namun, apabila tak ada orang yang mengetahuinya. Maka, semuanya akan menjadi sangat percuma. Anda tak akan mendapatkan pengunjung.

Mulailah melakukan promosi untuk menyukseskan bisnis warnet yang Anda kelola. Cara melakukan promosi juga sangat bervariatif. Anda bisa memasang poster atau banner dekat usaha Anda. Pastikan Anda memasangnya di tempat yang sesuai agar banyak orang bisa melihatnya. Anda juga bisa menyebarkan brosur.

Kesimpulan

Meskipun bisnis warnet bukanlah suatu hal yang populer lagi. Namun, hal tersebut tak menutup sepenuhnya potensi dan prospek bisnis jenis ini. Masih ada banyak peluang yang terbuka asalkan Anda mengambil setiap kesempatan yang ada.

Ada baiknya juga apabila Anda mengikuti tips dan trik di atas agar usaha warnet yang Anda miliki semakin berkembang dan maju di tengah terpaan era digital masa kini. Semoga bermanfaat.

One Reply to “Potensi Bisnis Warnet dan Prospek Masa Depannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *