Tips Membangun Bisnis Makanan Ringan dengan Budget yang Pas-Pasan

1 min read

Tips Membangun Bisnis Makanan Ringan dengan Budget yang Pas-Pasan

Makanan ringan atau snack adalah salah satu makanan favorit yang cocok digunakan sebagai pendamping saat sedang bersantai. Oleh karena itu, peluang bisnis makanan ringan sangatlah besar. Kali ini Penulis akan membagikan tips membangun bisnis makanan ringan yang bisa Anda terapkan apabila Anda ingin membangun bisnis dalam sektor ini :

Inovasi

Melakukan inovasi adalah satu hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis tak terkecuali bisnis makanan ringan. Buatlah pembaharuan produk makanan ringan yang Anda miliki. Sepopuler apapun suatu jenis makanan ringan suatu saat pasti akan tenggelam dan tergantikan dengan produk baru lainnya.

Baca artikel kami lainnya tentang : Peluang Bisnis Minuman Kekinian yang Tengah Populer.

Inovasi ini bisa dilakukan dengan menambah variasi rasa mengikuti tren maupun kemasan. Anda juga bisa melakukan inovasi dari segi pemasaran. Konsep pemasaran yang menarik akan menarik banyak perhatian dan berpotensi untuk viral. Hal ini bertujuan untuk membuat masyarakat penasaran dan mau mencoba produk Anda. Konsep pemasaran yang menarik juga akan memberikan reputasi atau image pada produk makanan ringan Anda apalagi jika Anda baru meluncurkan sebuah produk.

Kualitas Makanan

Memperhatikan kualitas makanan ringan adalah suatu kewajiban bagi Anda dalam menjual sebuah produk. Ketika pembeli merasa terpuaskan dengan rasa dan kualitas makanan ringan yang Anda jual, mereka akan berlangganan. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena Anda akan mendapatkan pelanggan tetap sehingga Anda juga tak perlu khawatir apabila makanan ringan yang Anda jual akan tersisa atau tidak laku.

Namun, Anda juga harus ingat untuk mempertahankan kualitas makanan secara continue. Jangan hanya di awal saat booming saja lalu kemudian kualitas makanan mengalami penurunan. Hal tersebut akan mematikan bisnis secara perlahan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam rangka mempertahankan kualitas makanan yaitu proses pengolahan, bahan makanan dan proses pengemasan. Penting pula untuk menjaga kebersihan dan tingkat hiegenitas makanan ringan.

Biaya Produksi

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sehubungan dengan biaya produksi :

1. Biaya Bahan

Ini adalah biaya utama yang akan dikeluarkan ketika Anda memulai bisnis makanan ringan. Umumnya ada 2 jenis biaya bahan. Pertama adalah biaya bahan baku dan yang kedua adalah biaya bahan pelengkap.

Contohnya : Jika Anda membuat bisnis makanan ringan berupa keripik Pisang. Maka, pisang adalah bahan bakunya dan bahan pelengkapnya seperti minyak goreng, bumbu serta biaya packing.

2. Biaya Tenaga Kerja

Untuk meningkatkan keuntungan atau laba usaha, Anda juga harus meminimalisir pengeluaran untuk biaya di atas. Sebagai contoh, untuk bahan baku Anda bisa membandingkan antara satu pemasok (Supplier) dengan yang lainnya untuk menentukan Pemasok manakah yang lebih menguntungkan dari segi harga maupun kualitas.

Pembukuan atau Administrasi

Sebanyak apapun penghasilan yang Anda peroleh. Tanpa adanya pembukuan yang terperinci dan jelas maka Anda juga tidak akan dapat mengetahui keuntungan ataupun kerugian bisnis secara terperinci dan jelas. Tanpa hal tersebut Anda juga tidak akan bisa menganalisa dan melakukan evaluasi bisnis lebih lanjut.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips membangun bisnis makanan ringan yang bisa Anda lakukan. Semua hal tersebut sangat penting dan juga saling berkaitan antara satu sama lain. Selain hal tersebut Anda juga harus membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan karena hal tersebut juga termasuk dalam kualitas layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *