Tips Membeli Mobil Bekas Impian Anda

2 min read

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Impian Anda

Saat ini mobil merupakan salah satu kendaraan favorit masyarakat di Indonesia karena kendaraan roda empat ini bisa mengangkut beberapa orang sekaligus, seperti untuk bepergian dengan keluarga. Nah dikarenakan minat masyarakat terhadap mobil yang lumayan besar ini juga berdampak kepada jumlah mobil yang kian bertambah populasinya, termasuk juga dengan jumlah mobil bekas.

Mobil bekas bisa menjadi opsi bagi pembeli pemula yang belum memiliki uang yang cukup untuk meminang mobil baru yang selisih harganya masih lumayan. Apalagi mobil bekas yang ada di bursa mobil ataupun pasar online terbilang cukup banyak juga yang masih dalam kondisi yang prima. Tentunya dalam memilih mobil bekas yang berkualitas baik, dibutuhkan kejelian untuk melihat kondisi mobil, berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas dari Inforiatif yang bisa dijadikan pedoman.

Pastikan Kondisi Mesin

Kondisi mesin mobil ini sangat penting karena jangan sampai ada komponen yang tidak berfungsi. Pada ruang mesin juga harap diperhatikan jangan sampai adanya kebocoran oli atau cairan yang berasal dari ruang bakar dan system pada mesin mobil. Cara memeriksa mesin mobil adalah dengan cara melihat kondisi fisik dan merasakan langsung saat mengendarai mobil tersebut.

Membawa Mekanik atau Check ke Bengkel

Kalau anda adalah orang yang tidak terlalu mengerti tentang dunia otomotif khususnya mobil, tidak ada salahnya jika anda membawa mekanik yang mengerti tentang mobil untuk melakukan pengecekan agar bisa melihat kondisi calon mobil yang akan anda beli. Karena biaya pergantian sparepart dan perbaikan mobil itu lumayan besar, kalau bisa kita memilih mobil bekas dengan kerusakan yang tidak terlalu banyak dan masih bisa di toleransi. Jika tidak mempunyai kenalan mekanik, anda bisa membawa mobil anda ke Bengkel untuk dilakukan general check up.

Tentunya jika anda telah membawa ke bengkel, anda tidak merasa was-was jika nantinya terjadi kerusakan yang besar karena sudah dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh di bengkel resmi maupun di bengkel yang berpengalaman. Hasil dari pemeriksaan tersebut bisa anda jadikan acuan untuk membeli kendaraan tersebut.

Periksa Kondisi Cat dan Kaki-Kaki Mobil

Pastikan juga memeriksa kondisi cat body mobil secara menyeluruh, jangan sampai ada bekas tabrak atau bekas restorasi yang lumayan parah karena akan mengganggu kinerja pada mobil. Kemudian pada bagian bawah mobil, hindari body kropos karena perbaikannya yang tidak sedikit. Dan tidak kalah penting lainnya yaitu kaki-kaki mobil, harap dicermati kondisi fisik dan fungsinya.

Periksa Interior dan Aksesoris Pendukung

Kondisi interior mobil juga merupakan salah satu hal terpenting, karena untuk beberapa mobil, harga part interior originalnya cukup mahal dan ada juga yang mulai langka, apalagi mobil yang akan kita beli itu mobil yang cukup berumur dan populasi mobilnya tidak terlalu banyak.

Kemudian fungsi beberapa fitur yang ada pada mobil juga harus di cek karena hal ini yang akan kita gunakan selama berkendara seperti Air Conditioner, Stir, Saklar, Tombol-Tombol, Sistem Kelistrikan, Jok Kursi, Bagian Atap dan Karpet Mobil.

Buku Panduan Pemilik dan Buku Servis

Buku panduan pemilik kendaraan dan juga buku servis juga salah satu kelengkapan yang cukup penting digunakan untuk mengetahui informasi tentang mobil dan juga saat melakukan servis berkala.

Pada buku servis juga terdapat riwayat odometer dan servis pemilik sebelumnya dan sudah mengganti part apa saja. Kemudian bisa terhindar dari odometer palsu dan sekaligus dapat melihat bagaimana pemilik sebelumnya melakukan perawatan pada mobil yang akan kita beli.

Jangan Tergiur Harga Murah

Sebelum membeli mobil memang kita terkadang melihat harga terlebih dahulu, apalagi untuk mobil bekas, harga merupakan salah satu daya tarik yang tinggi dalam memilih mobil yang akan kita miliki. Akan tetapi, Anda harus lebih teliti dan waspada dalam memilih mobil yang harganya cukup jauh dari harga pasaran, bisa jadi mobil tersebut ada kerusakan yang lumayan besar seperti bekas banjir dan bekas tabrakan.

Sebisa mungkin kita menghidari mobil yang akan dibeli itu pernah terlibat kecelakaan dan banjir, karena dua hal tersebut akan mempengaruhi performa mobil dan juga beberapa onderdil pada mobil tersebut

Kelengkapan Surat Menyurat

Surat menyurat atau dokumen mobil juga salah satu faktor penting dalam pembelian mobil, sebelum kita membeli mobil, sebagai calon pembeli harus melakukan pengecekan kelengkapan surat dan kecocokan antara nomor rangka dan juga nomor mesin yang terdapat pada mobil, dan tak ketinggalan fisik mobil seperti warna mobil kemudian yang terakhir adalah identitas pemilik sebelumnya.

Hal ini berguna untuk mengurus pembayarat pajak dan mutasi kendaraan. Surat menyurat pada mobil antara lain seperti STNK, BPKB dan Faktur penjualan.

Kesimpulan

Demikian adalah beberapa tips membeli mobil bekas impian anda, jangan sampai salah membeli ya! Harus cermat dan teliti sebelum membeli agar mendapatkan mobil impian dengan kondisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *